xiaomi

Xiaomi Mi 8 Explorer Edition Ternyata Pakai Motherboard Palsu


Berita Harian – Beberapa waktu lalu, Xiaomi mengumumkan flagship smartphone Mi 8 Explorer Edition. Smartphone ini hadir dengan bodi belakang transparan yang menunjukkan berbagai komponennya.

Bodi transparan Xiaomi Mi 8 Explorer Edition memberi kesan bahwa pengguna bisa melihat prosesor dan komponen lain perangkat mereka.

Namun demikian, belakangan diketahui kalau motherboard (papan sirkuit) yang terlihat di bodi transparan itu sebenarnya palsu.

Selasa (31/7/2018), jika hal ini tidak diumumkan oleh Xiaomi, tentu selamanya akan menjadi rahasia yang tidak diketahui banyak orang.

Tim Ubergizmo beberapa waktu lalu bertemu dengan perwakilan Xiaomi. Mereka mengatakan, komponen yang terlihat di bodi transparan Mi 8 Explorer Edition tidaklah nyata dan hanya sebagai penutup dekoratif.

Fans mungkin akan sedikit kecewa dengan hal ini, padahal mereka sudah berpikir bisa melihat komponen ponselnya bekerja di balik bodi transparan.

Apalagi, waktu mengumumkan Mi 8 Explorer Edition, Xiaomi menyebut komponen-komponen yang bisa dilihat dari bodi transparan itu adalah asli. Mungkin saja, asli yang dimaksud Xiaomi dalam artian bukan sekadar stiker.

Perlu diketahui, komponen-komponen yang tampak dalam bodi transparan Mi 8 hanya tertempel pada papan sirkuit kedua yang terpampang persis di bawah lapisan bodi transparan.

Papan sirkuit palsu itu tidak terhubung dengan daya listrik sehingga tidak bisa digunakan untuk menjalankan fungsi apapun kecuali sebagai “pemanis”.

Lantas komponen-komponen asli Mi 8 Explorer Edition sebenarnya tertanam di bawah papan sirkuit palsu tersebut. Dengan papan sirkuit palsu itu, mungkin saja di masa yang akan datang Xiaomi bisa menambahkan sesuatu yang lebih memiliki fungsi untuk perangkat.

Lebih Dekat dengan Mi 8 Transparan

Bodi Mi 8 Explorer Edition

Mi 8 Explorer Edition merupakan perangkat Android pertama yang didukung 3D Facial Recognition seperti pada iPhone X.

Selain itu, smartphone ini bersama Mi 8 merupakan perangkat pertama yang dibekali fitur teknologi dual-band GPS.

Tidak berhenti di situ, Mi 8 Explore Edition juga hadir dengan pemindai sidik jari di layar yang sensitif terhadap tekanan.

Beralih ke desain, Mi 8 Explorer Edition hadir dengan bodi agak melengkung di sisi-sisinya yang terbuat dari material kaca transparan.

Dengan bodi belakang transparan ini, terlihat jelas bagaimana jeroan smartphone yang dibekali NFC, tekstur Kevlar pada baterainya, serta beragam komponen lainnya.

Terlihat bodi belakang smartphone ini dibekali kamera ganda yang ditempatkan vertikal, mirip dengan iPhone X.

Punya Notch

Notch pada Mi 8

Perangkat dengan bobot 177 gram ini memiliki ukuran bodi perangkat 6,21 inci yang terasa seperti 5,2 inci. Layar Mi 8 Explorer Edition hadir dengan aspek rasio 18,7:9 dan resolusi FHD+ 2.248 x 1.080 piksel serta rasio layar ke tubuh 86,12 persen.

Masih pada layar, Mi 8 Explorer Edition mampu menghadirkan kecerahan hingga 600 nits, dukungan HDR, mode pelindung mata, dan layar Always On Display.

Mi 8 Explorer Edition juga memiliki notch di layarnya. Pada notch tersebutlah, Xiaomi menempatkan kamera depan, proximity sensor, ambient sensor, lensa infraredflood illuminator, dan dot projector.

Pada smartphone ini pula, Xiaomi menghadirkan fitur emoji animasi yang diberi nama Mi Meng, mirip dengan milik iPhone X.

Leave a Reply