Wiski Berusia Lebih dari Setengah Abad

Wiski Berusia Lebih dari Setengah Abad Terjual Rp 16 Miliar


saratogaartsfestival.org, Wiski Berusia Lebih dari Setengah Abad. Salah satu wiski yang paling dicari di dunia, Macallan Valerio Adami 1926, sudah yang berusia 60 tahun, terjual dalam sebuah pelelangan seharga seharga 848.750 pound ($1,1 juta) atau sekitar Rp 16,7 miliar pada Rabu (3/10), Reuters melaporkan.

Pembelinya adalah seorang kolektor pribadi dari Asia yang memasukkan penawaran melalui telepon, kata rumah lelang Bonhams. Perusahaan menjual 1 dari 12 botol lain dengan label yang dirancang oleh seorang seniman Italia, Adami pada Mei tahun ini seharga 814.091 pounds.

Wiski Berusia Lebih dari Setengah Abad

Wiski jenis ini termasuk barang-barang koleksi karena termasuk barang langka dan dan mungkin tidak untuk diminum, kata Martin Green, seorang ahli wiski di pelelangan.

“Ini adalah Rolls Roycenya malts,” kata Green. Malts adalah minuman beralkohol dari fermentasi gandum.

“Tentunya kami tidak tahu apa yang akan terjadi dengan minuman itu. Tapi siapa saja yang bisa membayar jutaan poundsterling untuk sebotol wiski mungkin dapat meminumnya. Tapi ini adalah objek keindahan -hampir seperti barang museum,” tambahnya.

Macallan hanya memproduksi terdapat 24 botol wiski, yang dibuat pada 1986. Wiski ini adalah termasuk produk andalan Skotlandia.

Perusahaan ini menyewa Adami dan Peter Blake, untuk merancang label 12 botol tersebut. Keduanya terkenal karena rancangan untuk sampul album “Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band” milik The Beatles.

Sampai saat ini tidak diketahui seberapa banyak wiski label rancangan Adami yang masih ada. Ada yang mengatakan satu rancangan sudah hancur karena gempa Jepang pada 2011. Dan, ada yang percaya bahwa botol terakhir sudah dibuka dan diminum.

Berusia 50 Tahun, Wiski Produksi Jepang Ini Terjual Rp 4 Miliar

Ilustrasi wiski (iStock)

Di lain kabar, sebotol wiski merek Yamazaki edisi terbatas yang dirilis oleh Suntory Spirits Ltd, berusia 50 tahun telah terjual dengan harga yang sangat fantastis.

Dikutip dari laman Japan Times, Jumat (2/2/2018), sebotol wiski itu terjual dengan harga 32,6 juta Yen atau setara dengan Rp 4 miliar.

Wiski merek Yamazi ini laku terjual setelah hadir dalam sesi lelang di Sotheby’s Hong Kong beberapa waktu lalu.

Menurut seorang pejabat rumah lelang, harga senilai Rp 4 miliar adalah tawaran tertinggi untuk sebuah satu botol wiski asal Jepang.

Yamazaki adalah satu dari sekitar 150 merek botol wiski berusia 50 tahun yang dijual dalam sesi lelang tersebut. Ada beberapa merek lain yang menyajikan keunggulannya masing-masing.

“Produk-produk yang hadir dalam sesi lelang ini dipilih secara ketat. Paling tidak usia sebotol wiski harus 50 tahun,” ujar pihak dari Suntory Holdings Ltd.

Salah satu indikator sebuah wiski dijual dengan harga mahal adalah faktor kelangkaannya. Sumber dan bahan pembuatan dari minuman itu.

Lewat sesi lelang wiski yang diadakan di Hong Kong, banyak pihak dari Negeri Sakura yang meyakini jika Wiski buatan Jepang semakin populer.

Tak hanya itu, mereka juga yakin jika nama merek wiski asal Jepang semakin populer, maka peminatnya pun juga semakin banyak.

Terutama bagi para pecinta wiski yang tersebar dari seluruh Asia bahkan hingga dunia. Namun sayangnya, pembeli wiski Yamazaki ini tak dipublikasi.

Leave a Reply