tsunami

Tsunami Mini Melanda, Resor Wisata Pinggir Pantai Spanyol Kebanjiran


Berita Harian – Meteotsunami atau tsunami meteorologis setinggi 5 kaki (sekitar 1,5 meter) menerjang resor Spanyol di Majorca dan Menorca, membanjiri jalan dan bar pantai serta teras penginapan tepi pantai.

Tsunami itu menghantam pantai-pantai yang banyak dikunjungi turis di beberapa bagian Majorca dan Menorca.

Daily Mail yang dikutip Selasa (17/7/2018) melaporkan. Sebuah gelombang berukuran hampir lima kaki itu menghantam Ciutadella di pantai barat Menorca dini hari tadi.

Pantai-pantai terdekat juga dibanjiri oleh meteotsunami, yang disebut rissaga dalam bahasa Catalan Spanyol.

Fenomena cuaca aneh juga mempengaruhi resor liburan di Majorca, yang membuat bar banjir air laut dan teras di tepi pantai di Andratx serta menutupi jalan-jalan tepi pantai.

Pemilik perahu di resor di pantai barat selatan Majorca terekam kamera saat mencoba melindungi perahu mereka.


Arus yang kuat akibat fenomena itu sampai memecah tali kapal layar bersejarah yang digunakan oleh Dewan Pulau Majorca. Sehingga harus diselamatkan oleh para pelaut dan dibawa kembali ke pelabuhan ketika terbawa ke laut.

Sejauh ini belum ada laporan tentang korban cedera.

Meteotsunami terjadi ketika pantai masih sebagian besar kosong. Para wisatawan baru mulai berdatangan untuk berjemur.

Meteotsunami, juga disebut tsunami meteorologis, adalah gelombang mirip tsunami yang dihasilkan ketika terjadi perubahan tekanan barometrik yang cepat dan menyebabkan pemindahan tubuh air.

Sebuah meteotsunami yang melanda Teluk Nagasaki pada Maret 1979 menewaskan tiga orang.

Sementara itu pada musim panas lalu, tsunami pernah terekam di pantai Belanda dan menerjang para pengunjung pantai yang lengah. Termasuk kursi pantai, perahu, dan parasol hanyut oleh ombak besar.

Leave a Reply