Tiap Jam, Warren Buffett Cetak Duit Rp 14 Miliar


Nama Warren Buffett, CEO Berskhire Hathaway, sudah melegenda di kalangan tokoh paling inspiratif dunia. Konglomerat berusia 87 tahun ini masih aktif di dunia bisnis dan mengawasi dinamika dunia investasi.

Menurut daftar orang terkaya Forbes pada Maret lalu, Warren adalah pria terkaya ketiga di dunia. Kekayaannya terhitung USD 84 miliar atau setara Rp 1.227 triliun (USD 1 = 14.619).

Bagaimana jika kekayaan dikalkulasi menjadi tiap jam? Bila dihitung, Warren Buffett meraup USD 958 ribu per jam, atau setara Rp 14 miliar.

Perhitungan tersebut berdasarkan data Business Insider. Penghasilan Warren dibagi dengan 8.760, sesuai angka jam pada tiap tahun.

Berdasarkan perhitungan waktu nyata (real-timeForbes, kekayaan Warren saat ini sebetulnya berjumlah USD 85,9 miliar atau Rp 1.255 triliun. Jumlah tersebut naik USD 1,9 juta dari perhitungan Maret lalu.

Kekayaan Warren Buffett tercatat naik meskipun sebelumnya sempat turun karena kebanyakan menyumbang. Ia memang terkenal hobi mendonasikan sahamnya, seperti ke yayasan yang diurus anak-anaknya, serta yayasan milik Bill Gates dan istrinya.

Buffett dan Gates juga terkenal sebagai sahabat karib, dan Gates memiliki saham signifikan di Berkshire Hathaway. Sebagai informasi, Berkshire Hathaway adalah sebuah perusahaan konglomerasi yang didirikan Warren Buffett yang menanamkan modal di beragam sektor.

Yayasan Bill Gates Jadi Pemilik Saham Terbesar di Perusahaan Warren Buffett

Hubungan antara Bill Gates dan Warren Buffett semakin kuat. Tidak hanya sama-sama dermawan, dua miliarder kaya ini diakrabkan dengan nilai saham.

Dilansir dari Fortune, Bill Gates Foundation yang didirikan Bill & Melinda Gates telah menjadi pemilik saham terbesar di Berkshire Hathaway milik Buffett. Hal ini tak lepas dari sumbangan Buffett kepada yayasan tersebut pada Selasa, 17 Juli 2018.

Setelah Buffett menyumbangkan 13,5 juta lembar saham dari Berkshire Hathaway pada Gates Foundation, artinya sekarang yayasan tersebut memiliki lima persen dari Berkshire Hathaway. Sebelum mendapat donasi, Gates sebetulnya juga sudah memiliki saham di perusahaan itu.

Sumbangan yang diberikan sang miliarder pada pertengahan Juli lalu adalah salah satu yang terbesar yang pernah ia berikan. Jumlahnya ditaksir sekitar USD 3,4 miliar dalam bentuk saham di Berkshire Hathaway.

Leave a Reply