Sony Sebut Siklus Hidup PS4 Sudah Masuk Tahap Akhir


Sony baru saja mengungkapkan informasi penting seputar PlayStation 4 (PS4). Informasi ini diutarakan langsung oleh CEO dan President Sony Interactive Entertainment John (Tsuyoshi) Kodera saat Sony Investor Relations Day 2018.

Dikutip dari Game Spot, Rabu (23/5/2018), Kodera mengatakan PS4 kini sudah memasuki tahap akhir siklus hidupnya. Kendati demikian, bukan berarti, konsol tersebut akan berakhir dalam waktu dekat.

Menurut sejumlah analis, pernyataan Kodera itu merujuk pada kondisi terkini PS4 sebagai sebuah platform. Sebelumnya, Sony memang sempat menyebut pihaknya menurunkan target penjualan PS4 di 2018 dari tahun lalu.

Karena itu, Kodera disebut berupaya untuk menyesuaikan laporan dengan kondisi saat ini. Terlebih, platform ini memang dikenal sudah berumur cukup panjang, hampir setengah dekade.

Sekadar informasi, PS4 pertama kali diluncurkan pada 2013, sehingga wajar apabila Kodera menyebut konsol ini sudah hampir mencapai batas akhir siklus hidupnya. Data terbaru Sony mencatat konsol ini sudah terjual hingga 79 juta.

Meski pernyataan Kodera itu memancing reaksi beragam, keberlangsung PS4 dipastikan masih cukup lama. Hal itu dapat dilihat dari kedatangan sejumlah gim anyar yang siap meramaikan konsol itu.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga sempat membuat pernyataan menarik, Sony akan kembali berdiri tinggi pada Maret 2021. Meski tak mengungkap maksudnya, sejumlah pihak berspekluasi tanggal itu akan menjadi lahirnya PlayStation 5.

Spesifikasi Sempat Bocor, PS5 Ternyata Rilis 2020?

Hasil gambar untuk PS5

Pernyataan tersebut seakan menegaskan rumor mengenai PS5 yang sempat beredar baru-baru ini. Situs SemiAccurate sempet mengungkap mengenai spesifikasi konsol tersebut.

Kabar yang beredar sebelumnya juga menyebut konsol ini akan rilis dalam waktu dekat. Namun, laporan terbaru menyebut konsol itu masih butuh waktu lebih lama untuk rilis.

Dikutip dari Kotaku, konsol itu kemungkinan tak akan rilis, setidaknya sampai 2020. Jika kabar ini benar, PS5 berarti akan rilis dalam kurun waktu lima tahun setelah PS4 diperkenalkan.

Waktu ini terbilang cepat mengingat jarak rilis antara PS3 dan PS4 adalah tujuh tahun. Informasi dari sejumlah pengembang gim juga menyebut memang ada beberapa rencana soal kehadiran konsol baru Sony ini.

Beberapa pengembang mengatakan konsol ini akan rilis pada 2019, tapi tak sedikit pula yang menyebut akan rilis di tahun ini. Akan tetapi, ada kemungkinan rencana itu berubah tiap tahunnya.

Sebelumnya, kabar yang beredar menginformasikan PS5 akan menggunakan GPU baru AMD, yakni Navi. Lebih lanjut, disebutkan PS5 juga akan ditopang prosesor AMD Zen.

Selain bocoran hardwareSemiAccurate juga mengungkap sejumlah software development kit dari versi awal hardware konsol baru itu sudah dikirim ke sejumlah pengembang gim.

Usung Virtual Reality Lagi

Hasil gambar untuk virtual reality

Tak hanya itu, sumber tersebut juga menyebutkan konsol PS5 bakal menghadirkan kemampuan untuk memainkan konten Virtual Reality (VR) seperti PS4 sekarang.

Bedanya, VR yang baru nanti akan mengalami peningkatan yang lebih baik dalam segi teknologi, tetapi harga yang lebih terjangkau.

Karena masih terbatas prediksi, banyak gamer yang mempertanyakan apakah performa konsol baru Sony ini akan mampu bersaing dengan konsol Xbox One X?

Hingga saat ini Sony masih belum memberikan pernyataan resmi terkait rumor konsol PlayStation 5. Karena itu, tak ada salahnya untuk menunggu kabar resmi dari perusahaan asal Jepang tersebut.

Leave a Reply