Review Honor 10: Spesifikasi Cadas, Kamera Cerdas


Honor baru saja memperkenalkan smartphone terbarunya, yakni Honor 10. Menyebut diri sebagai perangkat yang hadir untuk generasi muda, smartphone ini sudah dibekali sejumlah fitur yang mumpuni.

Tak hanya fitur, desain juga menjadi nilai jual lain dari smartphone ini. Menurut President Honor, smartphone ini mengusung desain warna yang selalu dinamis.

Desain

Dari desain, smartphone ini tampil dengan gaya layar kekinian. Memiliki layar bezeless, dengan layar berukuran 5,93 inci, Honor 10 terasa pas di tangan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, smartphone ini memiliki perubahan warna yang dinamis. Namun, perubahan itu hanya tampak jelas di dua perangkat yang berwarna biru dan hijau, sedangkan perangkat yang kami pegang saat ini berwarna hitam.

Karena itu, perubahan tersebut tak terlalu terlihat. Kendati demikian, warna hitam yang dimiliki Honor 10 cukup cantik dan membuatnya tak mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Sebagai tambahan, Honor juga sudah menyertakan casing untuk perangkat ini. Apabila kamu termasuk pengguna yang menjaga perangkat, kehadiran aksesoris semacam ini tentu akan sangat membantu.

Smartphone tak memiliki tombol Home fisik, seluruh navigasi dilakukan langsung di layar. Pun demikian, Honor masih menyertakan tombol pemindai sidik jari yang diletakkan tepat di bawah layar.

Port USB Type-C diletakkan di bagian bawah bersanding dengan speaker dan jack headphone 3,5mm. Sisi kiri Honor 10 bebas tombol. Seluruh tombol, baik power dan volume, diletakkan di sisi kanan.

Bagian belakang bodi memiliki dua kamera yang disusun secara horizontal. Honor 10 juga memiliki notch atau poni tempat meletakkan kamera depan dan mikrofon.

Tampilan Antarmuka dan Fitur

Honor 10

Honor 10 hadir dengan tampilan antarmuka EMUI berbasis Android 8.1.0 Oreo. Seluruh aplikasi ditampilkan di halaman depan, sehingga kamu tak akan menemukan App Drawer untuk akses ke aplikasi yang lebih banyak.

Mengingat smartphone ini sudah berbasis Android Oreo, kamu dapat membuka dua aplikasi sekaligus dengan fitur split screen. Honor juga menyertakan sejumlah tema yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Honor sudah membenamkan fitur pemindai wajah dan sidik jari untuk membuka perangkat. Khusus untuk pemindai sidik jari, perusahaan membenamkan sensor ultrasonik di bawah layar.

Salah keuntungan sensor baru ini adalah tetap dapat membaca sidik jari meski dalam keadaan basah. Saat kami mencobanya dalam keadaan jari basah, ternyata sensor memang masih dapat mengenalinya.

Begitu pula saat mencoba membuka perangkat dengan pemindai wajah. Hasilnya, proses pembacaan wajah hingga perangkat terbuka terbilang cepat.

Performa

Honor

Untuk spesifikasi, smartphone ini hadir dengan Kirin 970 dipadukan dengan RAM 4GB. Honor menyebut prosesor ini memiliki kemampuan di atas Snapdragon 845 dari Qualcomm.

Saat melakukan pengukuran AnTuTu Benchmark, Honor 10 berhasil mencatat skor sekitar 200 ribuan. Performanya saat menjalankan aplikasi pun dapat dilakukan dengan baik.

Saat bermain gim PUBG Mobile, yang kini menjadi tren, pengaturan awal langsung berada di tingkat grafis tinggi. Tak ada kendala saat bermain gim ini, begitu pula saat beralih tiba-tiba ke aplikasi.

Hanya, saat bermain gim cukup lama, bodi belakang smartphone ini sedikit hangat. Perangkat ini juga sudah dibekali dengan fitur pengisian daya cepat untuk menghemat waktu saat melakukan charge.

Kamera

Hasil gambar untuk kamera honor 10

Honor menyebut kamera smartphone hadir dengan kecerdasan buatan. Berbekal fitur ini, kamera Honor 10 mampu mengenali objek atau lingkungan sekitar dan melakukan pengaturan yang paling sesuai dengan kondisi tersebut.

Hasilnya, kemampuan itu memang bekerja dengan baik. Kamera smartphone mampu mengenali sejumlah objek secara langsung dan melakukan penyesuaian.

Saat menangkap gambar dengan atau tanpa fitur kecerdasan buatan, hasil gambar memang terlihat berbeda. Untuk mengetahui seperti apa, berikut ini beberapa hasil foto dari Honor 10

Kesimpulan

Secara garis besar, Honor 10 menawarkan kemampuan yang menjanjikan. Didukung spesifikasi mumpuni, kemampuan kamera yang dibekali kecerdasan buatan juga menjadi nilai tambah tersendiri.

Berbekal kedua faktor itu, smartphone ini diperkirakan dapat mencari perhatian pasar di Indonesia. Bukan tak mungkin, Honor 10 dapat menjadi game changer di kelas smartphone middle-high.

Belum lagi keberadaan fitur dan desain yang kekinian, membuat Honor 10 masuk sebagai salah satu perangkat yang patut diantisipasi kedatangannya.

Saat ini, Honor memang belum mengungkap harga perangkat saat rilis di Indonesia. Namun, ada kemungkinan harga jualnya tak berbeda jauh dari pasaran Eropa yang dibanderol mulai dari 399 euro (Rp 6,6 juta).

Perusahaan sendiri menyebut Honor 10 akan mulai diperkenalkan pada akhir Juni tahun ini. Karenanya, menarik untuk menanti pengumuman resmi dari perusahaan yang siap dilakukan sebentar lagi.

Leave a Reply