Pesawat NASA Lintasi Benda Terjauh di Tata Surya


Berita harian, Pesawat NASA Lintasi Benda Terjauh di Tata SuryaNASA baru saja mencetak rekor di tahun baru 2019.

New Horizons, pesawat Badan Antariksa Amerika Serikat yang ditugaskan untuk mengeksplorasi Pluto pada 2015, berhasil melintasi benda angkasa terjauh di Tata Surya.

Dilansir Phys, Rabu (2/1/2019), laboratorium fisika terapan Universitas John Hopkins, menginformasikan kalau New Horizons telah melalui objek bernama 2014 MU69 tersebut. Objek ini juga dikenal bersama nama Ultima Thule.

Pesawat NASA Lintasi Benda Terjauh di Tata Surya

New Horizons mengumpulkan knowledge Ultima Thule sepanjang empat jam sehabis melintasi objek.

“Hari ini adalah hari di mana kami berhasil menjelajahi dunia lebih jauh dari pada mulanya didalam sejarah,” ujar pimpinan proyek Ultima Thule NASA, Alan Stern.

Sekilas New Horizons

New Horizons sendiri merupakan bagian dari misi khusus NASA untuk menjelajahi Pluto yang di mulai sejak 2006. Misi ini diketahui memakan biaya sebesar US$ 800 juta dolar.

Stern juga menyebut rekor baru ini, pertanda 50 tahun Neil Armstrong dan Buzz Aldrin waktu menginjakkan kaki di bulan pertama kali pada Juli 1969.

Ultima Thule sendiri ditemukan oleh Teleskop Antariksa NASA, Hubble, pada Juni 2018. Kala itu, Hubble mendapatkan obyek baru untuk New Horizons di wilayah ketiga Tata Surya, Kuiper Belt.

Akhiri Penjelajahan Pluto pada 2016

Misi New Horizon yang diusung NASA untuk mengamati Pluto telah berakhir sejak 2016, tepatnya sehabis pesawat luar angkasa yang dikirimkan untuk mengamati planet berikut selesai mengirim knowledge penjelajahan.

Menurut NASA, robot New Horizon telah mengirimkan semua knowledge penjelajahannya sepanjang ini.

“Data yang telah dikumpulkan New Horizon telah memicu kami terkagum-kagum bersama kecantikan dan kompleksitas Pluto juga sistem bulannya,” ujar ketua misi New Horizon Alan Stern, layaknya dikutip dari Engadget, Selasa (1/11/2016).

Data berkapasitas lebih dari 50GB itu memerlukan waktu sekitar 15 bulan untuk dapat dikirimkan ke Bumi. Hal itu disebabkan New Horizon cuma dapat mengirimkan knowledge 1-4kb per detik.

Leave a Reply