olahraga

Olahraga yang Tepat Dilihat dari Kepribadian Anda


Olahraga penting untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar. Paling tidak, lakukan aktifitas ini dua hingga tiga kali seminggu dengan kombinasi berbagai jenis.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal saat berolahraga tanpa menyiksa diri, temukan kegiatan yang paling sesuai dengan kepribadian.

Di sisi lain, Anda juga harus tetap memperhatikan berbagai faktor lain seperti tingkat energi, berat badan, cedera, hingga rasa tidak nyaman.

Dilansir dari Step to Health pada Sabtu (30/6/2018), berikut ini jenis olahraga yang tepat sesuai dengan kepribadian Anda.

1. Menuntut diri sendiri

Perayaan ini merupakan peringatan Hari Yoga Internasional yang jatuh pada tanggal 21 Juni dan ditetapkan oleh India. (iStockphoto)

Anda mungkin seseorang yang sering menuntut diri sendiri, ambisius, dan mencari hasil dari berbagai hal yang dipikirkan. Positifnya, orang semacam ini punya tekad kuat untuk menyelesaikan semua masalah.

Namun, orang seperti ini sering terlalu keras pada diri sendiri, tidak membiarkan kesalahan, dan cenderung memiliki masalah kesehatan. Yang paling sering dialami adalah keram otot dan kekakuan.

Olahraga yang tepat untuk individu semacam ini adalah sesuatu yang membantu mereka bersantai dan mendorong fleksibilitas fisik dan mental.

Yoga menjadi satu pilihan yang baik. Hal ini bisa menjadi cara untuk tidak menuntut dan memaksa diri sendiri. Selain itu, olahraga ini bisa dikombinasikan dengan latihan peregangan setidaknya sekali seminggu.

2. Lambat atau mudah lelah

Ilustrasi Olahraga Lari (iStockphoto)

Ada beberapa orang yang ingin berolahraga namun tidak memiliki energi. Mereka bisa saja mulai bersemangat namun akan menyerah setelah beberapa sesi latihan.

Perasaan lesu dan kurangnya motivasi membuat orang-orang semacam ini menyerah pada rutinitas latihan mereka.

Jika Anda ada di dalam kategori ini, mulailah dengan sesi yang memiliki interval.

Latihan semacam ini dilakukan dengan intensitas tinggi namun dengan tenaga yang lebih sedikit, untuk kemudian diselingi dengan istirahat singkat.

Dengan cara ini, Anda akan meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, membakar lemak, dan memperkuat otot.

Anda bisa meningkatkan waktu dan intensitas sesi latihan sedikit demi sedikit untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

3. Gugup

Ilustrasi Tai Chi (iStockphoto)

Anda yang kerap gugup bisa menemukan keseimbangan yang sehat dengan olahraga yang membantu mereka rileks dan berkonsentrasi.

Salah satu olahraga yang cocok Tai Chi. Aktifitas asal Tiongkok ini melibatkan gerakan terkoordinasi dan ritme yang bertujuan mendapatkan kedamaian batin dan membebaskan energi.

Leave a Reply