teknologi

Mengenal Teknologi Mesh WiFi System, Apa Itu?


Berita Harian – WiFi kini menjadi salah satu perangkat esensial yang dibutuhkan banyak orang. Bagaimana tidak, hampir semua orang pasti membutuhkan jaringan internet via WiFi untuk memanfaatkan perangkatnya, mulai dari smartphone, tablet, laptop, komputer, hingga perangkat Smart Home.

Namun, tidak semua router WiFI yang ada di pasaran saat ini hadir dengan jaringan internet stabil untuk bisa menjangkau posisi perangkat.

Alhasil, perangkat malah sering kehilangan sinyal dan mengalami WiFi Dead Zone alias zona mati WiFi.

Hal tersebut dipandang Tenda Technology sebagai peluang untuk meluncurkan perangkat router WiFi teranyarnya, Nova MW6 dan MW3 dengan teknologi anyar bernama WiFI Mesh System.

Menariknya, kedua perangkat ini diklaim hadir dengan harga terjangkau dan fitur canggih.

Perusahaan router asal Shenzhen, Tiongkok tersebut, mengklaim kedua router ini biasanya digunakan untuk sektor berskala besar, seperti rumah sakit, militer, hotel, dan beberapa gedung besar.

“Kebutuhan router itu selalu ada, dan terus meningkat karena pengguna di rumah dan kantor pasti butuh router untuk menghubungkan internet dengan perangkatnya dari laptop, smartphone, dan lainnya,” ujar Sales Director Tenda Technology

Pada kesempatan yang sama, General Manager Tenda Technology Alex Yang, mengungkap apa itu teknologi Mesh WiFi System yang ada pada seri MW3 dan MW6.

Ia menjelaskan, teknologi tersebut mampu menutupi kelemaan WiFi router dan Range Extender yang posisinya selalu berada di tempat paling strategis di dalam rumah dan tak terhalang oleh dinding tebal.

“Dengan Mesh WiFI System, jarak dan arah atau posisi pengguna tak lagi menjadi masalah yang berhubungan dengan kekuatan sinyal. Cara pemasangannya juga sangat mudah,” jelas Alex.

Lantas, seperti apa fitur-fitur unggulan pada kedua router WiFi Tenda Technology ini?

Nova MW3

WiFi

Nova MW3 adalah router nirkabel yang mampu mentransfer data 1.200 Mbps Dual Band Distribution (2,4 GHz dan 5 GHz) dengan kemampuan akses internet lebih cepat dan stabil. Ia juga memiliki jangkauan sinyal untuk rumah dengan luas 102-297 meter persegi.

Router WiFi ini hadir dalam paket yang terdiri dari 3 kotak menarik yang bisa menambah nilai estetika.

Ada juga paket lain yang menawarkan dua kotak, ia mampu menjangkau area rumah seluas 204 meter persegi.

Perangkat ini juga hadir dengan teknologi MU-MIMO yang bisa menjangkau lebih banyak perangkat dan Smart QoS yang bisa mengatur alokasi bandwith untuk streaming video, gim, download, dan video chat.

“Nova MW3 itu bisa mendukung kualitas video 4K pada frekuensi 5 GHz sebagai akses prioritas,” kata Alex.

Nova MW6

WiFi

Adapun Nova MW6 diklaim mampu menjangkau area yang lebih luas lagi, yakni hingga 557 meter eprsegi dengan tiga unit yang diaktifkan.

Perangkat ini dilengkapi teknologi Wave2 MU-MIMO yang bisa berkomunikasi dengan perangkat nirkabel pada waktu yang bersamaan, dan teknologi Beamfoaming untuk memperkuat fokus transmisi ke perangkat nirkabel.

Hanya dengan menempatkan masing-masing kotak di dua atau tiga posisi berbeda, ketiganya nanti akan bisa berkomunikasi satu sama lain untuk memperkuat sinyal yang dihasilkan.

Salah satu kotak perangkat akan menjadi node utama yang terkoneksi dengan modem dan kubus lain secara otomatis, dan bebas dari konfigurasi ketika diaktifkan.

“Dalam satu paket ini ada tiga perangkat yang saling terintegrasi satu sama lainnya. Kalau jaringan dalam satu perangkat berhalangan, nanti akan ada perangkat lain yang tugasnya mem-back up,” tandas Alex.

Untuk menggunakan perangkat ini, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasinya yang tersedia di iOS dan Android. Jika butuh pengaturan lebih kompleks, ada juga fungsi Ethernet Backhaul, Guest Network, dan Cloud Management.

Tenda Technology melepas Nova MW3 seharga Rp 1,4 juta, sedangkan MW6 dibanderol Rp 2,7 juta dengan garansi dua tahun.

Leave a Reply