Jack Ma Serahkan Estafet Kepemimpinan Alibaba ke Daniel Zhang


Berita Harian – Desas-desus mengenai keputusan Jack Ma pensiun dari Alibaba akhirnya terjawab sudah. Melalui surat yang dikirimkan ke pada para pemegang saham dan pelanggan Alibaba, Jack Ma mengungkapkan rencana masa depannya di perusahaan.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (10/9/2018), Jack Ma menuturkan dirinya akan menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan Alibaba kepada Daniel Zhang, yang saat ini berstatus sebagai CEO perusahaan.

Adapun proses perpindahan ini akan dilakukan selama 12 bulan ke depan, sehingga Daniel akan memimpin pada 10 September 2019. Langkah ini diambil untuk memuluskan proses transisi yang terjadi.

Kendat demikian, Jack Ma mengaku tidak akan langsung meninggalkan Alibaba. Dirinya masih akan bertahan di jajaran dewan direksi hingga 2020 saat pertemuan tahunan para pemegang saham.

“Menyerahkan obor Alibaba ke Daniel dan timnya merupakan keputusan yang tepat, sebab saya tahu mereka sudah siap, dan saya percaya penuh pada kepemimpinan generasi selanjutnya,” tulis Ma.

Lebih lanjut dia menuturkan, dirinya berencana untuk melanjutkan perannya dalam Alibaba Partnership. Untuk informasi, Alibaba Partnership merupakan kelompok yang terdiri dari 36 pemimpin senior dan perusahaan afiliasinya.

“Saya juga ingin kembali ke dunia pendidikan, dunia yang selalu memberikan saya kebahagiaan karena saya mencintai apa yang saya lakukan,” tulisnya melanjutkan.

Jack Ma juga mengatakan transisi ini membuat Alibaba beranjak satu tingkat selanjutnya, dari perusahaan yang bergantung pada individu-individu, ke perusahaan yang dibangun dengan sistem pengelolaan perusahaan berstandar tinggi.

Sebagai penutup, salah satu orang terkaya itu menuturkan Alibaba tidak hanya sekadar soal dirinya. “Alibaba tidak melulu soal Jack Ma, tapi Jack Ma selalu menjadi bagian dari Alibaba,” tulis Jack Ma mengakhiri surat.

Jack Ma Bakal Pensiun dari Alibaba

Hasil gambar untuk jack ma

Kabar mengenai mundurnya Jack Ma dari Alibaba sebenarnya sudah dikabarkan sejak minggu lalu.

Salah satu orang terkaya di Tiongkok tersebut berkata, dirinya ingin banyak mendedikasikan waktu dan hartanya untuk amal.

Seperti diketahui, Jack Ma mendirikan Alibaba sejak 1999. Hingga kini, Alibaba menjadi perusahaan dengan nilai tinggi sebesar US$ 420 miliar.

Ia juga mengantongi sebanyak 6,4 persen saham di Alibaba. Berkat itu, kekayaan Jack Ma menyentuh angka US$ 40 miliar.

Dan sekadar informasi, posisi Jack Ma di Alibaba saat ini ternyata adalah Executive Chairman. Ia menyerahkan tahta CEO-nya kepada David Zhang pada 2013.

Sumber itu juga melanjutkan, David Zhang nantinya meneruskan posisi Jack Ma setelah dirinya pensiun.

Ingin Mengajar

Hasil gambar untuk jack ma dan kom info

Jack Ma yang pada beberapa waktu lalu juga ikut berperan dalam pesta penutupan Asian Games 2018, akan mendirikan sebuah yayasan di bawah namanya yang fokus ke bidang edukasi.

Langkah yang sama juga sebelumnya dilakukan oleh miliarder dunia Bill Gates.

“Banyak hal yang saya pelajari dari Bill Gates. Saya tidak pernah bisa menjadi kaya, tetapi hal lain yang bisa dilakukan adalah pensiun lebih dini,” kata Jack Ma sebagaimana dikutip dari Bloomberg.

Lantas, apa rencana Jack Ma setelah pensiun dari bisnisnya? Rupanya, pria yang baru berkunjung ke Indonesia ini ingin kembali mengajar.

“Suatu hari nanti, sesegera mungkin saya ingin kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang menurut saya bisa dilakukan lebih baik ketimbang menjadi CEO Alibaba,” tutur Jack Ma.

Leave a Reply