Ini Dia 9 Makanan Khas Jawa Tengah yang Unik dan Harus Kamu Coba!

Ini Dia 9 Makanan Khas Jawa Tengah yang Unik dan Harus Kamu Coba!


Kuliner –  merupakan berbagai hasil olahan yang berupa masakan. Setiap daerah biasanya memiliki cita rasa tersendiri sehingga setiap daerah memiliki tradisi kuliner yang berbeda-beda. Bagi wisatawan atau orang yang bertamu ke suatu daerah, mungkin merupakan suatu pengalaman tersendiri untuk mencoba merasakan makanan daerah tersebut. Berikut 9 kuliner unik yang wajib dicoba di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

1. Sego kucing

Sego kucing atau dalam Bahasa Indonesia nasi kucing merupakan makanan yang berasal dari Jogja, Solo, dan Semarang. Sego kucing ini berupa nasi dengan porsi sangat sedikit yang dibungkus dengan daun pisang. Biasanya sego kucing ini dibungkus bersama lauk berupa sambal, tempe, atau ikan teri. Makanan murah meriah dan sederhana ini biasa dijual di angkringan dan akan lebih enak dinikmati dengan lauk tambahan seperti sate usus, ceker ayam, atau gorengan. Harganya pun tergolong sangat murah, yaitu berkisar Rp 1.000 hingga Rp 3.000.

Kuliner Unik Khas Jawa Tengah

2. Sate klathak

Kuliner Unik Khas Jawa Tengah

Sate klathak sebenarnya merupakan sate dengan bahan dasar daging kambing, namun bukan seperti sate kambing pada umumnya. Sate klathak ini dibuat dari daging kambing muda dan cara memasaknya pun juga berbeda, yaitu hanya dibakar dengan tambahan bumbu berupa garam saja. Penyajiannya pun juga hanya disajikan begitu saja tanpa tambahan bumbu kecap seperti sate biasanya. Sate klathak ini biasa dijumpai di daerah Bantul. Harga seporsi sate klathak juga tergolong murah, yaitu Rp 7.000 hingga Rp 15.000 saja.

3. Nasi gandul

Kuliner Unik Khas Jawa Tengah

Nasi gandul merupakan nasi uduk yang disajikan dengan daun pisang. Rasa gurih nasi gandul ini tentu lebih gurih dari nasi uduk pada umumnya. Nasi gandul biasanya disajikan dengan tambahan lauk berupa daging sapi dan kuah segar tentunya. Makanan khas daerah Pati ini sangat terkenal dengan wangi sedap daun pandannya dan akan lebih nikmat disantap saat masih hangat. Harga nasi gandul berkisar antara Rp 12.000 hingga Rp 20.000.

4. Tengkleng gajah

Kuliner Unik Khas Jawa Tengah

Tengkleng gajah bukanlah tengkleng yang dimasak dengan menggunakan daging gajah. Makanan ini berbahan dasar daging kambing, tetapi penyajiannya dalam porsi yang besar sehingga biasa disebut dengan tengkleng gajah. Cara memasaknya pun ada 2 macam, yaitu tengkleng yang dibuat tongseng dan juga tengkleng yang digoreng biasa. Tengkleng gajah ini dapat dijumpai di daerah Sleman, yaitu minomartani. Harga satu porsi tengkleng gajah ini memang cukup mahal, yaitu berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 40.000. Namun jangan khawatir karena satu porsi tengkleng gajah ini dapat dimakan untuk 2 orang dewasa.

5. Sego godhog

Kuliner Unik Khas Jawa Tengah

Sego godhog atau dalam Bahasa Indonesia nasi rebus merupakan makanan yang sebenarnya menyerupai bakmi rebus jawa, namun isi dominannya adalah nasi. Sego godhog biasanya disajikan dari bahan dasar berupa nasi, suwiran ayam, bihun, telur, sayuran, dan kuah kaldu tentunya. Kombinasi dari berbagai bahan makanan dan disajikan dalam kondisi hangat membuat sego godhog ini menjadi kuliner yang sangat digemari. Sego godhog dapat dijumpai di daerah Bantul dan daerah Magelang. Harga satu porsi sego godhog yaitu berkisar antara Rp 13.000 hingga Rp 17.000 saja.

6. Oseng-oseng mercon

Kuliner Unik Khas Jawa Tengah

Oseng-oseng mercon sebenarnya hampir sama seperti oseng-oseng pada umumnya. Oseng-oseng mercon ini biasa dimasak dengan bahan berupa kulit, lemak, kikil, dan tulang muda. Perbedaannya dengan oseng-oseng lainnya yaitu pengolahannya yang dimasak dengan bumbu yang super pedas sehingga dapat “meledakkan” lidah seperti mercon. Seperti itulah asal usul penamaan oseng-oseng mercon ini. Bagi yang memiliki masalah dengan lambung tidak disarankan untuk mecoba-coba makanan super pedas ini. Oseng-oseng mercon banyak dijumpai di daerah Jogja dengan harga berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 20.000 seetiap porsinya.

7. Nasi grombyang

Kuliner Unik Khas Jawa Tengah

Nasi grombyang merupakan nasi yang disajikan dalam mangkuk kecil dengan lauk berupa daging kerbau dan kuahnya. Penamaan grombyang sendiri berasal dari kuahnya yang sangat banyak bahkan melebihi nasi dan lauknya, sehingga saat disajikan kelihatan bergoyang-goyang atau grombyang-grombyang. Nasi grombyang ini merupakan makanan yang berasal dari daerah Pemalang. Biasanya nasi grombyang disajikan di warung-warung kecil pinggir jalan. Harga makanan ini berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 20.000 setiap porsinya.

8. Garang asem

Kuliner Unik Khas Jawa Tengah

9. Nasi goreng tembakau

Kuliner Unik Khas Jawa Tengah

Nasi goreng tembakau merupakan masakan yang berasal dari Temanggung dan sepertinya baru di Temanggung saja yang menyajikan olahan makanan ini. Bukan daun tembakau untuk bahan rokok tentunya yang digunakan untuk makanan ini, melainkan biji-biji tembakau. Nasi goreng tembakau ini cara memasaknya sama seperti membuat nasi goreng pada umumnya, namun yang membedakan adalah bumbu yang digunakan dicampur dengan tumbukan biji-biji tembakau. Saat disajikan, aroma tembakau memang begitu terasa dari nasi goreng tembakau ini karena memang menggunakan bahan dasar dari biji tembakau. Harga satu porsi nasi goreng tembakau ini berkisar antara Rp 14.000 hingga Rp 17.000 saja.

Sepertinya memang banyak kuliner menarik yang harus dicoba nih jika berkunjung ke Jogja dan Jawa tengah. Mulai dari makanan yang sederhana murah meriah sampai yang agak mahal semuanya ada. Mulai dari yang polos kering sampai yang berkuah juga ada. Selain berwisata di alamnya, tentu tidak ada salahnya kita mencoba wisata kulinernya.

Leave a Reply