gim online

Kenali Ciri Seseorang Kecanduan Gim Online


Tidak semua orang yang bermain gim online masuk dalam kategori kecanduan. Bermain gim online bisa sebagai cara untuk bersenang-senang, menghilangkan stres, atau mengisi waktu luang.

“Kita tidak boleh mengatakan bahwa semua yang memainkan game dikatakan kecanduan atau gangguan mental”, tutur praktisi kesehatan jiwa dari Departemen Psikiatri FKUI Jakarta, Kristiana Siste mengutip rilis Sehat Negeriku dari Kementerian Kesehatan.

Itu sebabnya penting mengetahui kategori yang mana sekadar hiburan atau sudah kecanduan gim online.

Beberapa waktu lalu World Health Organizations (WHO) menetapkan kecanduan game atau game disorder ke dalam versi terbaru International Statistical Classification of Diseases (ICD) sebagai gangguan mental untuk pertama kalinya. Dalam versi terbaru ICD-11, WHO menyebut bahwa kecanduan gim merupakan disorders due to addictive behavior atau gangguan yang disebabkan oleh kebiasaan

Kriteria seseorang kecanduan gim online

Ilustrasi gim online (iStock)

Siste menerangkan seseorang disebut mengalami kecanduan gim online bila memenuhi kriteria yang telah ditetapkan WHO, yaitu adanya perilaku berpola dengan karakteristik sebagai berikut:

1) Ada gangguan kontrol untuk melakukan permainan tersebut (tidak dapat mengendalikan diri).

2) Lebih memprioritaskan memainkan permainan tersebut dibandingkan dengan aktivitas yang seharusnya lebih diutamakan.

3) Intensitasnya semakin meningkat dan berkelanjutan meskipun ada konsekuensi atau dampak negatif yang dirasakan.

4) Perilaku berpola tersebut menyebabkan gangguan yang bermakna pada fungsi pribadi, keluarga, sosial, pendidikan dan area penting lainnya.

5) Pola tersebut sudah berlangsung selama 12 bulan.

Bila seseorang sudah dampai tahap kecanduan biasanya menunjukkan gejala putus perilaku. Yakni apabila dihentikan kesenangannya (bermain gim) maka akan timbul energi negatif, mulai dari kesal, marah-marah, mengancam orang lain, bahkan menyakiti diri sendiri.

Leave a Reply