5 Kerugian Bertahan dalam Cinta Bertepuk Sebelah Tangan


Ketika cinta tak dibalas dengan hal yang sama, rasanya perih. Namun ada beberapa orang yang bertahan dengan cinta bertepuk sebelah tangan bertahun-tahun.

Memang, kalau sudah cinta sulit untuk menyingkirkan perasaan tersebut. Sayangnya, bertahan terlalu lama dalam cinta bertepuk sebelah tangan ternyata bisa berdampak negatif lho.

1. Rasa percaya diri menurun

Kamu akan terus bertanya-tanya, “Kenapa dia nggak mencintaiku? Apakah ada yang salah dan kurang dari diriku?”

Bila perasaan seperti ini tak segera kamu atasi, bisa-bisa rasa percaya dirimu bakal berkurang. Kamu jadi makin sering mengasihani diri sendiri dan terpuruk dalam perasaanmu sendiri.

2. Menjauh dari orang yang benar-benar peduli padamu

Hati dan pikiranmu fokusnya cuma untuk dia. Kamu terus dilanda rasa galau dan sedih berkepanjangan karena dia tak kunjung membalas cintamu. Kemudian kamu malah memikirkan diri sendiri dan menjauhi orang-orang yang justru lebih peduli padamu. Kamu makin mengucilkan diri sendiri dari support system.

3. Melukai diri sendiri

Hasil gambar untuk ilustrasi galau

Stres karena tak kunjung menerima balasan cintanya, kamu bisa punya kecenderungan melukai diri sendiri. Melukai diri sendiri ini bisa bermacam-macam, mulai dari sengaja tidak mau makan hingga stres.

Kalau kamu enggak tegas pada dirimu sendiri untuk segera move on, efek negatif ini sangatlah berbahaya.

4. Mengabaikan prioritas yang lebih penting di hidupmu

Kamu jadi enggak mempedulikan hal-hal yang lebih penting di hidupmu. Seperti kuliah dan kariermu yang mulai terbengkalai karena kamu sibuk sendiri dengan perasaan galaumu. Akibatnya bisa dirasakan sendiri, hidup jadi makin berantakan nggak karuan.

5. Menghambat hadirnya orang yang lebih baik

Gambar terkait

Hatimu sudah dipenuhi oleh bayang akan orang yang sudah telanjur kamu cintai. Sehingga tak ada lagi ruang untuk orang baru atau yang lebih baik lagi untukmu. Secara tidak langsung, kamu malah menghambat hadirnya seseorang yang sebenarnya lebih baik untukmu.

Kita tak bisa memaksa hati seseorang untuk memiliki perasaan yang sama besarnya dengan yang kita punya. Meski mungkin sulit untuk menerima kenyataan, tapi bila ia memang tak punya rasa yang sama padamu, move on aja ya. Jangan sampai hidupmu makin berantakan hanya karena terlalu lama bertahan dalam cinta bertepuk sebelah tangan.

Leave a Reply