thailand

Gagal Merangkak Naik, 12 Orang Terjebak Berhari-hari di Gua Terlarang Thailand


Sebanyak 12 anggota sebuah klub sepak bola remaja dilaporkan tersesat di gua di wilayah utara Thailand. Proses pencarian terus dilakukan untuk menyelamatkan mereka.

Penyidik meyakini bahwa ke-12 korban hilang sejak Sabtu, 23 Juni 2018. Mereka terjebak di saluran air sempit sejauh 15 meter, ketika tengah merangkak keluar dari dalam Gua Tham Luang Nang Non.

Dikutip dari CNN, Selasa (26/6/2018), para korban terjebak di dalam gua karena peningkatan tiba-tiba debit air, yang memblokir jalan keluar selebar satu orang itu.

“Kami telah bekerja hampir 24 jam tetapi ada banyak keterbatasan, gua-gua gelap gulita, tingkat oksigen sangat rendah di beberapa titik, dan terpaan rintik hujan membuat tugas kami lebih sulit,” kata Kamolchai Kotcha, pejabat Dinas Taman Nasional Thailand.

Petugas taman nasional, polisi setempat, dan 17 anggota tim penyelamat dari SEAL Royal Navy –Angkatan Laut Kerajaan Thailand– dikerahkan untuk mencari seluruh korban sejak Senin pagi, 25 Juni 2018. Disebutkan pula bahwa gua itu merupakan salah satu dari segelintir kecil area terlarang, yang tidak boleh dimasuki tanpa izin resmi.

Sebuah unggahan di halaman Facebook SEAL Royal Navy pada Senin sore menyatakan: “Saat ini masih gerimis (dan) ketinggian air meningkat. Jejak tangan ditemukan di sekitar dinding gua. Namun, kami masih belum dapat menemukan para korban. Operasi penyelamatan terus berlanjut.”

Selain itu, unggahan tersebut juga memuat sebuah foto yang menunjukkan regu penyelam Angkatan Laut Kerajaan Thailand, melakukan pencarian hingga kedalaman 5 meter untuk mengakses ruang utama gua.

Sejauh ini, seluruh anggota tim sepak bola diyakini terakhir kali terdeteksi di sekitar lokasi tersebut.

Gua Terlarang

Gua Kidang Kencono, Wisata Menantang di Kulon Progo

Kasus hilangnya tim sepak bola remaja itu terjadi di sebuah gua di Kota Mae Sai, Sabtu lalu. Mereka diyakini kehilangan kontak dengan petugas pengelola taman nasional terkait sejak pukul 13.00 waktu setempat.

Menurut keterangan petugas pengelola, pihaknya menemukan beberapa sepeda diparkir diam-diam di pintu masuk gua. Sesuatu yang sejatinya terlarang bagi khalayak umum.

Merunut pada prosedur penjelajahan gua terkait, khalayak dilarang keras untuk masuk tanpa izin dan pengawalan dari pihak berwenang.

Diketahui bahwa gua tersebut memiliki perkiraan panjang hingga 3 kilometer. Dikenal sebagai salah satu destinasi wisata petualangan di Provinsi Chiang Rai, di wilayah utara Negeri Gajah Putih.

Sayangnya, gua yang menjadi lokasi hilangnya tim sepak bola remaja itu termasuk dalam daftar segelintir area yang terlarang bagi kunjungan non-profesional.

Leave a Reply